Wednesday 5 December 2012

7 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

1. Membantu penglihatan
Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang. Cecair yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang mampu membuat penglihatan mata menjadi kabur.

2. Membunuh bakteri

Tak perlu titis air mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteria . Didalam air mata terkandung cecair yang disebut dengan “lisozom” yang dapat membunuh sekitar 90-95% bakteri yang tertiggal dari keyboard, pegangan tangga, bersin dan dari tempat-tempat yang mengandung bakteria, hanya dalam waktu 5 menit.

3. Meningkatkan mood

Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24% protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

4. Mengeluarkan racun

Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa kajian dengan air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosi ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui mata.

5. Mengurangkan stres

Bagaimana menangis bmampu mengurangkan stress ? Air mata ternyata mengeluarkan hormon stress yang terdapat dalam tubuh, iaitu “endorphin leucine enkaphalin” dan “prolactin”. 


6. Mengeratkan silaturrahim
Selain baik untuk kesihatan fisik, menangis juga bisa membantu seseorang untuk mengeratkan silaturrahim. Biasanya seseorang yang menangis setelah menceritakan masalahnya didepan teman-temannya atau seseorang yang bisa memberikan dorongan, dan hal ini meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi.

7. Melegakan perasaan

Setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega. Karena setelah menangis sistem limbik, otak dan jantung akan lancar, dan hal itu akan membuat perasaan menjadi lebih baik dan lega.


Itulah Manfaat Manangis Bagi Kesehatan kita, jika anda seorang lelaki, Anda tidak perlu merasa tidak macho untuk menangis, silakan cari tempat sepi jika merasa malu. dan menangislah karena itu baik untuk kesehatan mata dan tubuh kita.

1 comment:

  1. wah. ternyata menangis itu bermanfa'at bagi kesehatan yah... :)

    ReplyDelete